Kamis, 08 April 2010


Gaet Museum SMB II Bisa Tiga Bahasa

Sriwijaya Post - Sabtu, 27 Maret 2010 17:16 WIB

BAGI masyarakat yang menyukai aktivitas wisata akhir pekan maka tak salah berwisata budaya dan sejarah ke museum yang ada di Kota Palembang. Banyak yang bisa dipelajari saat mengunjungi museum itu sendiri, mulai dari melhat koleksi barang antik, serta sejarah kerajaan zaman dulu kala.

Salah satu museum yang ada dikota Palembang di antaranya Museum Sultan Mahmud Badarudin Dua (SMB II). Museum ini menyimpan berbagai saksi sejarah kota Palembang. Barang-barang yang disimpan di museum itu kebanyakan berupa arca, perabotan kuno, songket, kursi, hingga alat musik yang berasal dari kota Palembang.
Pengunjung bisa melihat barang-barang bersejarah yang ditaruh di lemari kaca, maupun di tempat yang diberi pagar. Saat memasuki pintu masuk, pengunjung dapat melihat beberapa foto-foto bersejarah kebudayaan Palembang. Menuju ruangan tengah, pengunjung dapat menikmati beberapa barang-barang bersejarah sisa peninggalan kebudayaan Palembang.

Beragam koleksi yang ditemukan di kota ini maupun di daerah lain tetapi memiliki nilai historis dengan kota Palembang tersimpan dengan baik di museum SMB II. "Di sini terdapat berbagai barang bersejarah dari kota ini," kata Kasubag Tata Usaha Musium SMB II, Ali Hanafia beberapa waktu lalu.

Sistem pengelolaan di museum ini sudah tergolong modern, karena ruangan tersebut sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan, serta petugas yang melayani pengunjung dengan profesional. Selain itu di museum yang terletak di dalam kawasan Benteng Kuto Besak terdapat ruangan audio visual sehingga pengunjung bisa menyaksikan sejarah kota Palembang melalui siaran video di ruangan itu.

"Kita berikan pelayanan yang maksimal, tujuanya agar pengunjung tidak jenuh datang ke sini," jelas Ali.

Selain itu, di museum ini meiliki pemandu yang memahami bahasa asing, mulai dari Prancis, Ingris, hingga, Cina, serta bahasa lokal Sumatera Selatan.
M Ali Qodri, sumber : http://www.sripoku.com/view/30890/gaet_museum_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

barang antik